Senin, 16 November 2009

Transplantasi: '118 Hari tanpa Jantung Sungguh Mengerikan'

D'Zhana Simmons (14) tidak kuasa membendung air mata. Remaja putri asal South Carolina, Amerika Serikat ini menuturkan hidup 118 hari tanpa jantung adalah pengalaman mengerikan.

"Saya tidak akan pernah tahu kapan alat ini berhenti berfungsi. Saya seperti orang yang palsu. Seperti tidak benar-benar hidup, tapi saya tetap ada," kata Simmons saat konferensi pers di Jackson Memorial Medical Center, University of Miami, Kamis (20-11).

Simmons menderita pembesaran cardiomyopathy, kondisi saat jantung pasien menjadi lemah dan membesar dan tidak mampu memompa darah dengan semestinya. Remaja itu menjalani transplantasi jantung pada 2 Juli lalu di Rumah Sakit Anak Holtz, Miami. Namun, jantung baru tersebut gagal berfungsi sehingga segera diangkat kembali.

Sembari menunggu transplantasi kedua, tim dokter memasang dua pompa jantung di tubuh Simmons agar aliran darahnya tetap mengalir. Alat untuk memompa darah dirancang khusus perusahaan Thoratec Corp of Pleasanton California dan ditanamkan untuk menjaga kestabilan aliran darah dalam tubuhnya.

Pompa jantung itu dipasang hampir empat bulan, tepatnya 118 hari. Hingga kemudian dokter memasang jantung baru pada 29 Oktober lalu. "Dia pada dasarnya hidup selama 118 hari tanpa jantung dengan sirkulasi darahnya cuma ditunjang dua pompa darah itu," kata Dr. Marco Ricci, Direktur Bedah Jantung Anak di rumah sakit tersebut.

Selama waktu itu, Simmons bisa bergerak, tapi harus terus berada di rumah sakit. Kini, setelah transplantasi jantung, Simmons senang karena dia bisa hidup tanpa mesin pemompa darah.

Tim dokter mengatakan sebenarnya ini bukan kasus pertama di dunia. Seorang warga Jerman juga pernah hidup tanpa organ jantung dan hanya mengandalkan bantuan alat pompa selama sembilan bulan. Namun, untuk kasus anak-anak, ini merupakan yang pertama di dunia dan Simmons mampu bertahan selama itu.

Menurut para dokter, kondisi Simmons kini baik. Namun, dokter mengingatkan kemungkinan besar pasien transplantasi jantung akan membutuhkan jantung baru pada 12--13 tahun setelah transplantasi pertama. n U-1

Sumber :
http://www.lampungpost.com/cetak/berita.php?id=2008112100150221
21 November 2008

Tidak ada komentar:

Posting Komentar