Senin, 16 November 2009

Pertama di Asia, India Sukses Transplantasi Jantung Buatan

Sebuah rumah sakit di India sukses melakukan operasi transplantasi jantung buatan pada seorang pria berusia 54 tahun. Operasi ini merupakan yang pertama kali terjadi di Asia.

Para ahli bedah di RS Narayana Hrudayalaya, Bangalore memasang jantung buatan tersebut, ventricular assist device (VAD) dalam operasi yang berlangsung selama 4 jam. Operasi itu dilaksanakan dengan bimbingan tim pakar AS.

Demikian disampaikan kepala rumah sakit Devi Shetty seperti dilansir kantor berita AFP, Kamis (10/4/2008).

"VAD merupakan pompa centrifugal sederhana yang menyedot darah dari jantung dan memompanya ke dalam aorta," kata Shetty. "Itu bisa memompa 10 liter darah setiap menit, dibandingkan empat atau lima liter normalnya, jadi ini cukup kuat," imbuhnya.

Para ahli bedah di AS dan Eropa telah memasang jantung buatan "generasi baru" tersebut pada 220 pasien dalam 8 tahun terakhir. Namun operasi di Bangalore ini merupakan operasi sejenis yang pertama di Asia.

Pasien bernama Venkatakrishniah mengalami serangan jantung pada tahun 2003. Dia terpaksa berhenti dari pekerjaannya di sebuah perusahaan negara karena tidak mampu bekerja meski telah menjalani operasi bypass.

"Setelah operasi bypass, kondisi saya memburuk dan saya tak bisa berjalan enam langkah," kata Venkatakrishniah seperti dikutip koran Times of India. "Tapi sekarang saya bisa berjalan, naik tangga dan bahkan saya berencana untuk kerja lagi," tandasnya. (ita/nrl)

Sumber :
Rita Uli Hutapea
http://www.detiknews.com/read/2008/04/10/155535/921539/10/pertama-di-asia-india-sukses-transplantasi-jantung-buatan
10 April 2008

Tidak ada komentar:

Posting Komentar